Tim Jurnal Kemenhub Badan Kebijakan Transportasi Studi Banding Ke LPPM UNISSULA

Tim pengelola Jurnal Penelitian Transportasi Darat (JPTD) pada Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Jalan dan Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Badan Kebijakan Transportasi Jalan yang dipimpin oleh Ir Bram Hertasning ST MTM  didampingi oleh Ari Widi Wibowo SSiT MM dan tim melakukan studi banding ke Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) pada Jumat, 1 Juli 2022. Tujuan pelaksanaan kegiatan studi banding tersebut adalah untuk meningkatkan kualitas pengelolaan Jurnal Penelitian Transportasi Darat (JPTD) Kemenhub yang dikemas dalam bentuk diskusi dan knowledge sharing tentang pengelolaan jurnal antar kedua belah pihak, yaitu antara tim publikasi dan penerbitan LPPM UNISSULA dengan tim pengelola JPTD Kemenhub.

“Rombongan tim dari Kemenhub yang terdiri dari 12 tim pengelola jurnal ini berniat untuk knowledge sharing dengan tim pengelola jurnal LPPM UNISSULA terkait bagaimana kiat-kiat pengelolaan jurnal ilmiah terakreditasi nasional menuju jurnal bereputasi internasional,” kata Ir Bram Hertasning ST MTM  (Kepala Bidang Pengembangan Teknologi dan Penunjang Penelitian, Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Jalan dan Perkereraapian).

Sekretaris LPPM UNISSULA Dr Imam Kusmaryono MPd dalam sambutannya menyampaikan bahwa LPPM UNISSULA selalu terbuka bagi siapa saja yang ingin berkonsultasi dan berbagi pengalaman terkait berbagai hal, termasuk pengelolaan jurnal ilmiah.  Dalam kesempatan tersebut hadir Dr Mutamimah SE MSi selaku Kabid Publikasi dan Penerbitan didampingi Choiril Anwar SPd MPd. Kasubbid Publikasi dan Penerbitan LPPM UNISSULA sekaligus Chief Editor Jurnal Edulite yang diterbitkan oleh Fakuktas Bahasa dan Ilmu Komunikasi UNISSULA. Saat ini Jurnal Edulite sudah terakreditasi nasional Sinta (S2) dan sedang dalam proses pengajuan indeksasi ke Scopus dan Web of Science. Sebagai informasi, secara keseluruhan di UNISSULA terdapat 41 jurnal yang berasal dari 11 Fakultas dan 3 unit, di mana hingga saat ini telah terakreditasi nasional mulai dari Sinta 5 sampai Sinta 2. Selain itu, ada 10 jurnal yang terindeks DOAJ.

Sementara itu, Ari Widi Wibowo SSiT MM selaku Principal Contact Jurnal Penelitian Transportasi Darat juga berbagi pengalaman tentang sejarah singkat perkembangan perjalanan jurnal yang dikelolanya dari awal hingga sukses dapat terakreditasi Sinta 2. “Para dosen terutama dari Fakultasi Teknik dan Fakultas Teknologi Industri dapat mengirimkan artikel ilmiah yang terkait dengan transportasi darat ke jurnal kami secara gratis ,” pungkas Ari.

Kedua pihak sepakat bahwa dengan studi banding dan sharing pengelolaan jurnal ini dapat berdampak pada peningkatan kualitas jurnal untuk penerbitan di masa yang akan datang hingga mencapai jurnal bereputasi internasional. Acara ditutup dengan penyerahan plakat dan  jurnal dari kedua belah dan berfoto bersama.

Keterangan alamat link OJS JPTD:

https://ojs.balitbanghub.dephub.go.id/index.php/jurnaldarat/about/displayMembership/11

Posted in Berita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *