SILATURAHMI LPPM UNISSULA KE LPPM UMS SEBAGAI UPAYA PENGELOLAAN LPPM YANG EFEKTIF, SMART, DAN KOLABORATIF

Dengan semangat “BISMILLAH MEMBANGUN GENERASI KHAIRU UMMAH” Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNISSULA melakukan kunjungan silaturahmi ke LPPM Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Kunjungan   dilaksanakan pada Rabu, 22 Juni 2022 di Gedung Siti Walidah Lantai 5. Rektorat UMS. Silaturahmi ini sebagai upaya meningkatan pengelolaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang efektif, smart, dan kolaboratif.

Rombongan LPPM UNISSULA terdiri dari Dr. Henny Pratiwi Adi, S.T., M.T. (Kepala LPPM UNISSULA) didampingi Dr. Imam Kusmaryono, M.Pd. (Sekretaris LPPM), Dr. Mutamimah, SE., M.Si., (Kabid. Publikasi dan Penerbitan), Dr. Erna Melastuti, S.Kep., Ns. M.Kep. (Kabid. Pengabdian Masyarakat), serta Bpk. Bagus Satrio Waluyo Poetro, S.Kom., M.Cs. (Kabid. HKI).

Pada kesempatan tersebut, rombongan LPPM UNISSULA diterima oleh Ketua Lembaga Riset dan Inovasi (LRI) Ir. Sri Sunarjono, Ph.D., Ketua LPMPP Prof. Ir. Sarjito, M.T., Ph.D. Kabid. Pengabdian Masyarakat, Prof. Dr. Muhtadi, M.Si., dan Kabid. Inovasi Prof. Dra. Kun Harismah, M.Si., Ph.D, dan Kabid Riset Dr. Ambarwati, M.Si.

 

Ketua Lembaga Riset dan Inovasi (LRI) Ir. Sri Sunarjono, Ph.D., dan Ketua Lembaga Pengabdian Masyarakat dan pengembangan Persarikatan (LPMPP) Prof. Ir. Sarjito, M.T., Ph.D, menyampaikan sambutan positif atas kunjungan silaturahmi dan upaya sharing ilmu yang dilakukan LPPM UNISSULA untuk meningkatkan kualitas manajemen penelitian dan pengabdian masyarakt. Beliau berdua menyampaikan gambaran umum LPPM UMS yang mana pengembangan LPPM oleh Rektor UMS dipecah menjadi yaitu LRI dan LPMPP sejak Juli 2021 setahun lalu sangat menunjukkan keberhasilan yang sangat signifikan yaitu meningkatnya jumlah Publikasi dosen di Jurnal Internasional bereputasi dan jumlah perolehan sertifikat HKI.

Dari pihak LPPM UNISSULA diantaranya menanyakan (1) pengelolaan  termasuk monitoring eveluasi dalam pengembangan research group; (2) Program Pengabdian Masyarakat yaitu KKN Internasional; (3) Kiat-kiat mendorong luaran penelitian dan pengembangan teknologi tepat guna berupa hak cipta dan hak paten sebagai HKI. Selain sharing pengelolaan penelitian dan pengabdian, sekaligus dapat menimba ilmu terkait program yang efektif dalam manajemen pendidikan sebagai upaya penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat).

Penjelasan dari  Ketua LRI dan LPMPP UMS dengan bahwa LRI dan LPMPP memiliki fungsi yang berbeda, dan memiliki misi keunggulan masing-masing, namun saling bersinergi dalam menjalankan program Rector UMS. LRI berfokus pada peningkatan jumlah Riset baik melalui hibah Kemenristekdikti maupun pendanaan internal UMS.  Serta LRI menggiatkan peningkatan hasil penelitian dan pengembangan berupa kekayaaan Intelektual.  Untuk bidang riset dan publikasi, UMS menargetkan setiap doctor Wajib publikasi di Jurnal internasional bereputasi Scopus (1 artikel dalam setahun). Kemudian artikel publikasi dan Hak cipta termasuk Paten dapat digali dari hasil skripsi mahasiswa yang berpotensi hak cipta atau paten. Untuk penyusunan buku, setiap prodi dalam setahun wajib menerbitkan minimal 5 buku (monograf atau buku Ajar).

LRI juga mempunyai program percepatan JaFA dosen ke GB melalui pendampingan publikasi artikel ilmiah di Jurnal Internasional berputasi Scopus. Program ini meliputi pelatihan dan pendampingan penulisan artikel ilmiah, translate ke bahas inggris dan proofread yang dikemas dalam bentuk full service. Program full service dilaksanakan dengan pendampingan sampai dosen berhasil publish. Selanjutnya ditambahkan oleh kepala bidang HKI menegaskan bahwa untuk mendongkrak perolehan HKI, dosen harus diberikan program pelatihan-pelatihan atau workshop berkelanjutan untuk mendampingi dosen dalam proses pengajuan HKI.  Sedangkan untuk Program Pengabdian kepada Masyarakat, UMS memiliki desa binaan di wilayah sekitar  Surakarta. Pelaksanaan KKN dan pengabdian masyarakat internasional, pihak UMS bekerjasama dengan Perwakilan Cabang Muhammadiyah di luar negeri (Malaysia, Thailand, Singapura).

Beberapa poin penting yang dibahas adalah (1) tiap unit pelaksana memiliki program yang strategis dengan dukungan staf yang berpengalaman di bidangnya; (2) tiap program yang dicanangkan didanai sesuai kebutuhan dan ada program pendampingan; (3) pentingnya integrasi fungsi dalam sistem informasi, tata kelola penelitian dan pengabdian;  serta (4) perlunya kolaborasi antar unit pelaksana termasuk fakultas (Program studi) dalam mendukung program-program yang dicanangkan oleh LPPM (LRI dan LPMPP). Hasil karya dosen berupa buku ajar, monograf, teknologi tepat guna juga dipasarkan dalam platform digital (book store). Para mahasiswa mendapatkan voucer untuk berbelanja di book store.

Sebagai tindak lanjut kunjungan silaturahmi ini, salah satunya LPPM UNISSULA dalam waktu dekat akan melakukan kerjasama dalam program peningkatan percepatan Jabatan fungsional Akademik (JaFA) dosen ke LK dan GB melalui kegiatan pendampingan penulisan manuscript artikel ilmiah dan publikasi ke jurnal internasional bereputasi (Scopus). Program KKN internasional ke depan pihak UMS akan menggandeng UNISSULA untuk bergabung dalam KKN Internasional melalui jejaring Perwakilan Cabang Muhammadiyah di luar negeri.

Posted in Berita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *