PERWAKILAN LPPM UNISSULA HADIRI RAKORNAS KOMERSIALISASI KEKAYAAN INTELEKTUAL DI LOMBOK

Kabid. HKI LPPM UNISSULA bapak Bagus Satrio Waluyo Poetro, S.Kom., M.CS menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Nasional Sentra Kekayaan Intelektual tentang Komersialisasi Kekayaan Intelektual (KI) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM. Rakornas diselenggarakan pada tanggal 05 – 06 Juli 2022 bertempat di Hotel Novotel Mandalika Lombok Tengah. 

Acara Rakornas dihadiri perwakilan dari Litbang, Perguruan Tinggi dan Sentra KI seluruh Indonesia dibuka oleh Direktur Kerjasama dan Pembedayaan Kekayaan Intelektual, Sri Lastami. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa Tahun 2021 telah ditetapkan sebagai tahun Paten dan Tahun 2022 ini ditetapkan sebagai Tahun Hak Cipta, serta pentingnya mendorong peningkatan peran sentra kekayaan intelektual di lingkungan perguruan tinggi. Seiring semakin berkembangnya pemahaman terhadap pentingnya kekayaan intelektual, tanggung jawab terhadap perlindungan kekayaan intelektual tentu saja tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, tetapi juga tugas dari lembaga atau institusi terkait termasuk perguruan tinggi sebagai sentra kekayaan intelektual.  Oleh karena itu dalam rangka pelayanan publik di bidang Kekayaan Intelektual perlu adanya koordinasi sentra kekayaan intelektual mengenai komersialisasi kekayaan intelektual.

 

Kehadiran bapak Bagus  mewakili LPPM UNISSULA membawa misi untuk dapat secara langsung berkoordinasi dengan DJKI Kemenkumham RI tentang beberapa usulan Paten dari UNISSULA yang sempat mandeg. Output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah penyelesaian substantif permohonan paten yaitu sebanyak 10 pemohon penyelesaian paten dan 3 drafting paten yang terdiri dari  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UNISSULA.
Pada kesempatan tersebut LPPM UNISSULA mengajukan permohonan agar dapat dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama (PKS) antara LPPM UNISSULA dan DJKI Kemenkumham RI pada bulan September 2022 mendatang. 

Posted in Berita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *