LPPM UNISSULA IKUTI SARASEHAN PENGUATAN DAKWAH DI DAERAH RAWAN PENGALIHAN AQIDAH UMAT

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNISSULA berkolaborasi dengan  lembaga dakwah yang ada di Jawa Tengah mengadakan kegiatan dikemas dalam bentuk  Silaturahmi dan Sarasehan Lembaga Dakwah Peduli Umat  dengan Tema : ” Saling Berbagi dan menginspirasi untuk Menguatkan Dakwah dan Aqidah Umat di Sekitar Kita.”  Kegiatan ini merupakan Kepedulian Perguruan Tinggi Islam dalam Penguatan Dakwah di  daerah rawan pengalihan aqidah umat. Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu – Minggu tanggal, 18-19 Juni 2022 bertempat di hotel Garuda Kopeng, kecamatan Getasan, kabupaten Semarang.

Pada kegiatan tersebut UNISSULA sebagai nara sumber diwakili oleh Kepala Bidang Pengabdian Masyarakat LPPM Dr. Erna Melastuti, S. Kep., Ns., M. Kep., menyampaikan bahwa banyak  kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh bidang pengabdian masyarakat terutama di wilayah Kecamatan Getasan dimulai dari tahun 2015 sampai saat ini antara lain (1) bidang pengabdian masyarakat LPPM UNISSULA bersama Kemensos RI melaunching 100 Desa Sejahtera Mandiri (DSM) di desa Ngrawan Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang melalui “Program desa sejahtera mandiri di Indonesia” sebanyak 355 mahasiswa dari Fakultas Teknik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi diterjunkan dalam KKN Tematik di tiga desa yakni Manggihan, Ngrawan, dan Sumogawo, Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang; (2) Pendampingan MP ASI, pencanangan secara resmi desa Manggihan, kecamatan Getasan, kabupaten Semarang sebagai model desa Wisata Kebun Qur’an; (3) Pemeliharaan jalan desa Batur kecamatan Getasan; (4) Pengembangan dan pembuatan pupuk di desa Manggihan; (5) Pembinaan UMKM (Getuk singkong) dan UMKM lainnya di desa Manggihan; (6) Peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui kepemilikan sertifikat tanah, pengetahuan dan kesadaran hukum masyarakat sebagai pemilik lahan; (6) Pengelolaan bank sampah; (7) Pelatihan managemen organisasi UMKM bekerjasama dengan PT. Sido Muncul.

Lebih lanjut Dr. Erna Melastuti mengatakan bahwa sesuai dengan visi dan misi Universtas Islam Sultan Agung  (UNISSULA) yaitu sebagai Lembaga Wakaf Universitas Islam terkemuka dalam membangun generasi khaira ummah, mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi atas dasar nilai-nilai Islam dan membangun peradaban Islam menuju masyarakat sejahtera yang dirahmati Allah SWT dalam kerangka rahmatan lil’alamin maka pelaksanaan pengabdian masyarakat yang didasari nilai-nilai penguatan aqidah sudah semestinya dan seharusnya dilaksanakan oleh dosen UNISSULA sebagai bentuk dakwah, beramal ma’ruf nahi munkar dan sekaligus pelaksanaan Tri Dhrma perguruan tinggi. Ancaman pengalihan akidah memang nyata, ada dan massif terjadi sehingga sinergi perguruan tinggi dengan lembaga dakwah yang diaplikasikan  dalam bentuk kegiatan pengbadian masyarakat memang sangat diperlukan supaya narasi-narasi yang muncul dalam berbagai forum silaturahmi dan saresehan tidak hanya sekedar wacana tetapi benar-benar bisa diwujudkan bersama dengan dukungan yang kuat dari semua pihak yang masih mencintai Islam.

Kegiatan dihadiri oleh LDK MUI Pusat Rumah Zakat Bandung,  Komnas Anti Pemurtadan (KNAP) Pusat dan Jawa Tengah, Majelis Tabligh dan Dakwah Khusus PW Muhammadiyah Jateng, Lembaga Dakwah PW Nahdhotul Ulama Jawa Tengah, Lembaga Dakwah Persatuan Islam Jawa Tengah., Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII), ICMI Jawa Tengah,  Forum Dakwah Dokter Indonesia (FDDI), BAZNAS Kabupaten Semarang, LAZIS UNISSULA, LAZIS JATENG, LAZISMU JATENG, LAZISNU JATENG, Dompet Dhuafa, Solidaritas Muslim, dan masih banyak lagi organisasi dakwah lainnya yang turut berpartisipasi. Di tingkat perguruan tinggi hadir perwakilan UNISSULA, UNIMUS,UMS,dan IAIN Salatiga.

Posted in Berita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *