KEPALA LPPM UNISSULA MENJADI NARA SUMBER SEMINAR DI UNIZAR

Kepala LPPM UNISSULA Dr. Henny Pratiwi Adi, ST., MT. diundang secara khusus oleh Kepala LPPM Universitas Islam Al-Azhar (UNIZAR) Mataram untuk didapuk menjadi narasumber dalam kegiatan seminar Strategi Lolos Hibah Penelitian Kemendikbudristek, di kampus UNIZAR. Seminar dilaksanakan pada Senin,  04 Juli 2022.

Dalam seminar tersebut, Dr. Henny Pratiwi Adi, ST., MT, menyampaikan bahwa penelitian merupakan dharma penting dan wajib bagi para dosen perguruan tinggi di Indonesia, disamping dharma pendidikan dan pengabdian masyarakat. Namun demikian, kebanyakan dosen kesulitan  memperoleh dana penelitian  eksternal perguruan tinggi seperti hibah penelitian dari Kemendikbudristek, karena harus didapatkan melalui kompetisi dan seleksi yang ketat. 

Seminar nasional tersebut dihadiri oleh para dosen dan peneliti UNIZAR.  Lebih lanjut Dr. Henny Pratiwi Adi, ST., MT., juga menyampaikan tips untuk memperbesar peluang proposal penelitian disetujui (didanai) melalui Hibah Penelitian Kemenristekdikti, antara lain: (1) Memahami panduan penelitian dan mengikuti setiap petunjuknya (2) Memahami tujuan akhir penelitian agar tepat dalam memilih skema penelitian. Usahakan dalam menyampaikan tujuan penelitian sudah dilakukan dengan realistis dan bisa dicerna oleh logika dengan baik. Salah satunya memastikan bahwa tim penelitian yang dibentuk berisi anggota yang memang kompeten untuk mencapai tujuan tersebut; dan (3)Menjelaskan kebutuhan anggaran penelitian. Pastikan susunan anggaran wajar dan rasional. Dimulai dari pos biaya apa saja yang muncul dan berapa perkiraan biayanya, harus rasional dan tidak dilebih-lebihkan atau sebaliknya;

Unizar merupakan salah satu Perguruan Tinggi Islam swasta di Nusa Tenggara Barat. Dalam bidang Penelitian Unizar masuk dalam klaster Madya. Oleh karena itu kehadiran Dr. Henny Pratiwi Adi, ST., MT. menjadi penting bagi UNIZAR dalam rangka menimba ilmu dari LPPM UNISSULA dan untuk meningkatkan klaster penelitian UNIZAR menjadi klaster utama.  Pada kesempatan di luar acara seminar  Kepala LPPM UNIZAR  dr. Halia Wanadiatri, M.Si. berharap agar LPPM UNISSULA dapat menjadi mitra dalam mengawal peningkatan kualitas penelitian dosen-dosen UNIZAR (Mataram: Senin, 04 Juli 2022).

Posted in Berita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *